Waktu Anda

Jumat, 19 November 2010

SEJARAH SINGKAT MASJID JAMI' AL-BAANIYAH

Oleh : Drs. H. Abidin Nawawi
"Al-Baaniyah" adalah nama sebuah Masjid, yang beralamat di Kampung Blok Sawo RT. 03/RW. 03. Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung Kota Depok. Masjid Jami Al-Baaniyah ini, pertama kali berupa sebuah Mushalla kecil yang didirikan pada tahun 1997. Mushalla ini berdiri di atas sebidang tanah wakaf seluas 206 m2. Yang mewakafkan tanah ini adalah seorang petani yang usianya telah lanjut, namanya adalah H. Banin bin Pendek.
Nama "Al-Baaniyah" ini diambil dari nama pewakaf tanah, yang bernama H. Banin. Dari kata banin inilah nama mushalla diambil. "Al-Baaniyah" artinya adalah "pembangun". Yang memberi nama Al-Baaniyah adalah : Bapak Drs. H. Abidin Nawawi
Alasan membangun mushalla di tempat ini adalah pertama kali dari nadzarnya H. Banin dan keluarga sewaktu beribadah haji ke Mekah, nadzarnya H. Banin adalah kalau ia dan keluarga waktu melaksanakan ibadah haji dari mulai berangkat ke Mekah sampai pulang, lancar tidak ada halangan dan rintangan apa-apa, serta selamat, maka ia akan mendirikan sebuah mushalla.
Para perintis dan pendukung pembangunan Mushalla ini antara lain ialah:
1. H. Banin bin Pendek
2. H. Junaedi bin H. Banin
3. Misan bin Pendek
4. Ustadz H. Subakri
5. K. H. M. Rainan
6. H. Hamim
7. H. Amsir
8. H. Lili Zarkoni
9. Syafrudin (Ketua RT. 03)
10. H. Abidin Nawawi
11. dll.
Dalam rangka melaksanakan nadzarnya, yaitu ingin mem-bangun sebuah mushalla, H. Banin mengundang para tokoh masyarakat yang berada di Blok Sawo, kelurahan Cipayung untuk meminta restu. Maka pada suatu malam, terjadilah musyawarah di rumah H. Banin, yang dihadiri oleh para tokoh dan warga Blok Sawo baik dari RT. 01/ RT. 02, dan RT. 03. Yang hadir dalam musyawarah itu diperkirakan ada 30 orang. Di antara para tokoh masyarakat yang hadir antara lain: RW. Mahmud, Rasyid, Matalih, H. Yusuf, RT. Husin, RT. Syafrudin, H. Amsir, H. Subakri, H. Hamim, Misan dll.
Kesimpulan dari musyawarah, semua tokoh Blok Sawo merestui berdirinya sebuah mushalla di RT.03/RW. 03 Kampung Blok Sawo Kelurahan Cipayung Depok. Pada malam itu juga dibentuk Panitiya Pembangunan Mushalla. Sebagai ketua pembangunan adalah bapak Misan.
Sehari setelah musyawarah para tokoh, maka dimulailah pembangunan mushalla, dana pembangunan di samping dari H. Banin dan keluarganya, dibantu oleh masyarakat setempat dan beberapa donatur. Donatur yang banyak memberikan bantuan terhadap mushalla ini adalah Mr. Alwi seorang bangsa Arab dari Dubai. Kehadiran Mr. Alwi ke Blok Sawo, atas pra karsa bapak Sanjaya, seorang supir taksi yang sedang mangkal di Hotel Indonesia (HI), lalu bertemu dengan Mr. Alwi dan bapak Sanjaya mengajak silaturahmi ke Kampung Blok Sawo. Dalam mendirikan mushalla ini, para perintis selalu konsultasi dengan K.H. M. Rainan, dari Jembatan Serong Cipayung. dan yang menentukan arah kiblatnya adalah K.H. M. Rainan sendiri.
Setelah selesai pembangunan mushalla, maka pada hari Sabtu 8 Februari 1997 M/ tanggal 1 Syawwal 1417 H, atas usulan dari H. Banin dan disetujui oleh para tokoh setempat, mencoba untuk melaksanakan 'Idul Fitri. 'Idul Fitri perdana ini yang menjadi Imam Ustadz H. Subakri dan yang menjadi khatib adalah bapak H. Abidin Nawawi. 'Idul Fitri sukses dilaksanakan, maka dilanjutkan dengan 'Idul Adha 1417 H. yaitu pada hari Kamis 1417 H bertepatan dengan tanggal 17 April 1997. Imam H. Junaedi dan Khatib Ustadz H. Subakri.
Pembangunan Mushalla Al-Baaniyah tidak berhenti sampai di situ, tetapi terus dilakukan perluasan dan diadakan perbaikan-perbaikan serta penmbahan luas tanah, yang tadinya hanya 206 m2 sekarang luasnya sudah 500 m2. Tanah wakaf Masjid Jami' Al-Baaniyah tidak hanya yang ditempati masjid dan halamannya saja, tetapi jalan yang menghubungkan antara masjid dan Jalan Bonang Raya adalah milik Masjid Jami Al-Baaniyah, luasnya sekitar 75 m2. Penambahan luas tanah ini adalah dari wakap warga Blok Sawo RT. 03 dan dari beberapa donatur. 
 
Mr. Alwi's visit event goes to al Baaniyah's mosque
Pada tanggal 26 November 2004 bertepatan 13 Syawwal 1425 H. diadakan pelaksanaan Shalat Jum'at perdana. Pelaksanaan Jum'at perdana di Masjid Jami' Al-Baaniyah ini diketahui dan direstui oleh FORUM ULAMA & HABIB BETAWI  (FUHAB) dengan nomor surat 011/S.B/FUHAB/XII/04. Surat ini ditanda-tangani oleh Ketua Umum : K.H. Ahmad Kazruny Ishak, MA. Pada tanggal 19 Syawal 1425 H/2 Desember 2004 M.
Pelaksanaan shalat Jum'at di Masjid Al-Baaniyah yang perdana ini yang bertindak sebagai Khatib dan Imam adalah Ustadz H. Subakri. Para tokoh, melaksanaan shalat Jum'at di Masjid Jami' Al-Baaniyah ini dengan beberapa alasan, antara lain:
  1. Di Mesjid As-Salam Jembatan serong sudah terlalu penuh.
  2. Mesjid Al-Baaniyah sudah layak untuk dipakai shalat Jum'at.
  3. Untuk memudahkan warga Blok Sawo yang sudah tua dan lemah melakukan shalat Jum'at di tempat jauh.
  4. Jarak antara Masjid Al-Baaniyah dan masjid-masjid lain agak jauh. 
  5. Kepadatan penduduk di Blok Sawo bertambah.
Selanjutnya yang bertugas menjadi Khatib dan Imam Shalat Jum'at di Masjid Jami Al-Baaniyah antara lain:
A. Yang dari luar kampung Blok Sawo:
  1. K.H. Anshari HS. 
  2. K.H. Muhtar SY
  3. Ustadz Asep Zarkasih 
  4. Ustadz Drs. H. Musa  
B. Yang dari kampung Blok Sawo :
  1. Ustadz H. Subakri
  2. Ustadz Muhammad Ali, SPdi
  3. Ustadz Arman Saleh
  4. Ustadz Drs. Apep Kurnia
  5. Ustadz Drs. H. Abidin Nawawi
  6. Ustadz Nuruddin, SAg
  7. H. Junaedi
  8. H. Lili Zarkoni 
  9. Ustadz Rohadi
Dari sejak diadakan shalat Jum'at pertama sampai sekarang tidak ada halangan dan rintangan apa-apa, bahkan yang melakukan shalat Jum'at makin lama makin bertambah.
Kegiatan lain di Masjid Jami' Al-Baaniyah adalah :
  1. Pengajian bapak-bapak yang diadakan setiap malam Rabu
  2. Pengajian ibu-ibu yang diadakan pada setiap hari Sabtu siang (ba'da) shalat Zuhur
  3. Pengajian pemuda yang bergabung dalam Majlis Taklim Ar-Risma diadakan pada malam Sabtu, yang diasuh oleh K.H. Anshari HS.
  4. Pengajian Al-Qur'an untuk tingkat dasar dan menengah yang diikuti oleh anak-anak pra sekolah dan tingkat Sekolah Dasar diadakan pada setiap malam (ba'da shalat magrib sampai waktu Isa). Pengajian ini diasuh oleh H. Abidin Nawawi dan Hj. Khairiyah. Sebelumnya pengajian ini diadakan di rumah H. Subakri dan sebagai pengasuhnya adalah Ustadz H. Subakri dan Hj. Zulaiho binti H. Amsir.
  5. Setiap malam Jum'at diadakan pembacaan Surah Yasin dan pembacaan Ratib Al-Hadad, yang dipimpin oleh Ustadz M. Ali, SPdi
  6. Pada setiap bulan Ramadhan waktu magrib diadakan buka puasa bersama. Makanan yang disajikan dari warga Blok Sawo RT. 03/RW. 03, bergantian per kelompok
  7. Shalat Sunah Terawih dan witir yang diikuti oleh bapak-bapak dan ibu-ibu.
  8. Mengikuti kegiatan hari-hari besar Islam, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra' dan Mi'raj dll.
  9. Santunan anak yatim yang diadakan pada setiap tanggal10 Muharam. Dananya dari iyuran warga Blok Sawo RT. 03/RW.03 dan dari donator setempat.
  10. Pemotongan hewan Qurban yang diadakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah, setelah melakukan shalat 'Idul Adha. Kegiatan pemotongan hewan Qurban ini, dimulai pada tahun 1998, sewaktu Al-Baaniyah masih berupa Mushalla. Kegiatan pemotongan hewan Qurban dari sejak pertama sampai sekarang belum pernah absen, bahkan makin lama makin banyak. Pada tahun 1430 H, yang dikurban 2 ekor sapi dan 6 ekor kambing, pada tahun 1431 H, yang dikurban 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing. 

Untuk pengajian bapak-bapak setiap malam Rabu, yang menjadi pengurus Majlis Ta'lim adalah bapak Subur, H. Junaedi serta Rusli Misan, dan sebagai tenaga pengajarnya ialah: 
  1. Ustadz  H. Subakri, pelajaran Al-Qur'an dan Tajwid
  2. Ustadz Drs. H. Abidin Nawawi, pelajaran Sirah Nabawi
  3. Ustadz  Drs. Apep Kurnia, pelajaran Fiqih
  4. Ustadz Muhammad Ali, SPdi, pelajaran Tafsir 
  5. Ustadz Arman Saleh, pelajaran Tilawatil Qur'an dengan lagunya  
  6. Ustadz Nuruddin Setiawan, S.Ag, pelajaran Aqidah 
Sedangkan untuk pengajian ibu-ibu yang diadakan pada setiap hari Sabtu siang, sebagai pengasuh dan tenaga pengajarnya adalah Ustadzah Hj. Rumsiah, sedang Ketua Majlis Ta'lim Al-Baaniyah adalah Hj. Khairiyah. Tetapi sejak Ustadzah Hj. Rumsiah dalam keadaan sakit, sebagai pengganti sementara adalah:
1. Ustadz Muhammad Ali SPdi, mengajar Fiqih dan Tafsir
2. Ustadz Drs. H. Abidin Nawawi, mengajar Sirah Nabawi dan Aqidah Akhlak.
Seminggu sebelum datang bulan Ramadhan 1431 H, kaum muslimin warga Blok Sawo RT. 03/03 dan para donatur dengan tulus dan ikhlas karena Allah, ikut bersama-sama melakukan perbaikan Masjid Jami' Al-Baaniyah. 
Perbaikan serta perapihan di "Masjid Jami' Al-Baaniyah" adalah:
1. Pemasangan keramik di ruangan tengah dan tempat Imam, menghabiskan keramik 50 m2 ( 50 dus).
2. Pembuatan ruang perpustakaan.
3. Pembuatan gudang.
4. Pemasangan keramik untuk dinding seluas 72 m2
5. Pengecatan dinding yang tidak terpasang keramik
Dari keenam poin tersebut, menghabiskan dana sebesar Rp. 15.000.000,- ( lima belas juta rupiah). Dan sebagai koordinator serta pelaksanaan perbaikan Masjid Jami' Al-Baaniyah adalah : Bapak H. Hamim, bapak Rukim, H. Abidin Nawawi serta para pengurus Masjid Jami' Al-Baaniyah dan para tokoh masyarakat. Kegiatan ini berakhir pada tanggal 15 Syawwal 1431 H, bertepatan tanggal 24 September 2010 M.
Para donatur perbaikan Masjid Jami' Al-Baaniyah dari luar Kampung Blok Sawo Cipayung, Depok adalah:
1. Ir. H. Syahrial Beni Nasution, dari BSD Banten.
2. H. Dahlan, dari Jakarta.
3. Ir. Zulfa Kamil, dari Toko Buku dan Percetakan Menara Kudus Jakarta
4. H. Zahroni, dari Jakarta

Dari mulai bulan Zulhijjah 1431 H/Nopember 2010 M. Masjid Jami' Al-Baaniyah sudah mempunyai Blog. Koordinator Blog adalah Dede Sutisna, S.Pd, Drs. Apep Kurnia dan Drs.H. Abidin Nawawi. 
Demikianlah sekilas sejarah dan profil Masjid Jami' Al-Baaniyah, Kampung Blok Sawo RT. 03/RW. 03 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung Kota Depok. Kode pos: 16437.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar